Selasa, 10 Januari 2012

Dampak mengkonsumsi Rokok!

Jadi setiap batang rokok yang dinyalain akan mengeluarkan lebih dari 4000 bahan kimia beracun yang membahayakan dan boleh membawa maut. Nah, setiap isapan itu menyerupai satu isapan maut. Di antara kandungan asap rokok termasuklah bahan radioaktif (polonium-201) dan bahan-bahan yang digunakan di dalam cat (acetone), pencuci lantai (ammonia), ubat gegat (naphthalene), racun serangga (DDT), racun anai-anai (arsenic), gas beracun (hydrogen cyanide) yang digunakan di “kamar gas maut” bagi pesalah yang menjalani hukuman mati, dan banyak lagi. Bagaimanapun, racun paling penting adalah Tar, Nikotin dan Karbon Monoksida.


• Tar mengandung sekurang-kurangnya 43 bahan kimia yang diketahui menjadi penyebab kanker (karsinogen). Bahan seperti benzopyrene yaitu sejenis policyclic aromatic hydrocarbon (PAH) telah lama disahkan sebagai agen yang memulakan proses kejadian kanker.

• Nikotin seperti heroin, amfetamin dan kokain, bertindak balas di dalam otak dan mempunyai kesan kepada sistem mesolimbik yang menjadi puncak utama penagihan. Seseorang yang kehabisan rokok kadangkala berkelakuan seperti mengalami gangguan akal dan dalam keadaan yang amat tertekan sekali.
Nikotin turut menjadi puncak utama risiko serangan penyakit jantung dan strok. Hampir satu perempat mangsa orang sakit jantung adalah hasil puncak dari tabiat merokok. Di Malaysia, sakit jantung merupakan menyebab utama kematian sementara strok adalah pembunuh yang keempat. Maka dari itu, Malaysia membuat gambar dari dampak orang pengguna rokok pada bungkus rokoknya.

• Karbon Monoksida pula adalah gas beracun yang biasanya dikeluarkan oleh ekzos kendaraan. Gas ini masuk melalui oksigen kemudian menyebabkan penyumpatan pada pernapasan dan darah. Dan akhirnya akan menyebabkan maut akibat karbon monoksida di dalam badan melebihi 60%.

Apabila racun rokok itu memasuki tubuh manusia ataupun hewan, akan membawa kerusakkan pada setiap organ disepanjang salurannya, yaitu bermula dari hidung, mulut, tekak, saluran pernafasan, paru-paru, saluran darah, jantung, organ sel telur, sampai ke saluran kencing dan kantong kemih
Dampak bagi orang disekeliling kita ( perokok pasif )
Ternyata perokok pasif dapat meningkatkan risiko penyakit kanker paru-paru dan jantung koroner. Lebih dari itu menghisap asap rokok orang lain dapat memperburuk kondisi pengidap penyakit :

ANGINA Nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah pada jantung.

ASMA Mengalami kesulitan bernafas.

ALERGI Iritasi akibat asap rokok.

Gejala-gejala gangguan kesehatan :
Iritasi mata, sakit kepala, pusing, sakit tenggorokan, batuk dan sesak nafas.
Wanita hamil yang merokok atau menjadi perokok pasif, meyalurkan zat-zat beracun dari asap rokok kepada janin yang dikandungnya melalui peredaran darah. Nikotin rokok menyebabkan denyut jantung janin bertambah cepat, karbon monoksida menyebabkan berkurangya oksigen yang diterima janin.
Anak-anak yang orangtuanya merokok menghadapi kemungkinan lebih besar untuk menderita sakit dada, infeksi telinga, hidung dan tenggorokan. Dan mereka punya kemungkinan dua kali lipat untuk dirawat di rumah sakit pada tahun pertama kehidupan mereka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar